Mendagri Serukan Jajaran Pemerintahan Kenang Jasa Pahlawan

Sabtu, 10 November 2018 - 21:19 WIB
Mendagri Serukan Jajaran Pemerintahan Kenang Jasa Pahlawan
Mendagri Serukan Jajaran Pemerintahan Kenang Jasa Pahlawan
A A A
BALI - Tepat di Hari Pahlawan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyerukan kepada seluruh jajaran pemerintahan dari pusat hingga desa memasang spanduk dan atribut lainnya untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.

"Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," kata Tjahjo saat menjadi pembicara Seminar Nasional Masa Depan Kedaulatan Rakyat Indonesia, Supremasi Hukum dan Akuntansi Publik yang digelar oleh FISIP Universitas Udayana Bali, Sabtu (10/11/2018).

Menurut Mendagri, Republik Indonesia yang berdiri atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dapat terus menikmati kemerdekaannya karena para pahlawan pendahulu mengajarkan keteladanan rela berkorban. "Apa yang kita lakukan saat ini tidak ada artinya dibandingan dengan pengorbanan para pejuang pendahulu kita," katanya.

Bung Karno, kata Mendagri, mengingatkan berkali-kali dalam berbagai pidatonya bahwa kehidupan bernegara Republik Indonesia hanya bisa terwujud dan menjadi lebih baik serta ketika semua mau berkorban. Juga mau memberi dan mau mengabdikan hidup untuk merawatnya.

"Kemerdekaan adalah anugerah terindah yang telah para pahlawan wariskan untuk kami generasi penerus bangsa yang baru, dan akan tetap sama sampai saat ini. Terima kasih para pahlawan, kami tidak mampu membalas jasa dan pengorbananmu," kata Tjahjo.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)